Pengontrolan Level Air Dan Pendeteksi Kekeruhan Kolam Ikan Berbasis Mikrokontroler

  • anton hidayat Politeknik Negeri Padang
  • Suryadi suryadi Politeknik Negeri Padang
  • Dwivo Yendrial Politeknik Negeri Padang
Keywords: Mikrokontroler ATMega328, Sensor Ultrasonik, Sensor Photodioda, LCD, Keypad, Motor DC

Abstract

Banyaknya tambak ikan air tawar yang terdapat di daerah limau Manis Kecamatan Pauh Kota Padang ini disebabkan adanya bendungan air yang dibuat pemerintah untuk pengairan sawah sehingga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkolam ikan air tawar baik didepan rumah maupun diladang yang tidak produktif, karena sumber air berlimpah sehingga kebutuhan akan air bagi petani tambak ikan di limau manis kecamatan Pauh Kota Padang  tidaklah menjadi masalah. Namun permasalahan akan terjadi bila hujan turun dimana air pada bendungan akan meningkat sehingga ini akan meningkatkan jumlah debet air yang masuk pada kolam ikan, ini menjadi permasalahan bagi petani tambak karena ikan akan mudah mati, ikan akan keluar dan juga ikan akan berpenyakit disebabkan banyaknya debet air dalam kolam di karenakan air keruh. Berdasarkan permasalahan tersebut saya mencoba membuat sebuah alat menggunakan mikrokontroler yang dapat diatur menggunakan keypad dan mengontrol level air menggunakan sensor ultrasonik serta tingkat kekeruhan air pada kolam air deras ditampilkan pada LCD secara otomatis dengan cara mengatur buka tutup pintu keluar air kolam sehingga tinggi level air kolam dapat diatur  sesuai kebutuhan. Cara mengatur posisi motor DC dapat dimanfaatkan dengan menggunaakan mikrokontroler agar petani tambak ikan air deras dapat memantau kondisi air pada kolam dan juga dapat mengatur ketinggian air yang akan masuk keluar kolam secara otomatis, guna meningkatkan hasil panen ikan serta mencegah kematian ikan akibat kondisi air yang tidak baik

References

1]. Maidi Rizki, Rahyul Amri. Perancangan Kontrol dan Monitoring Level Ketinggian Air di Waduk Bagian Hulu Untuk Meningkatkan Efektifitas Kinerja PLTA Koto Panjang. Jom FTEKNIK Volume 3 No. 1 Februari 2016, hal 1-6.
[2].Heki Apriyanto..Rancang Bangun Pintu Air Otomatis Menggunakan Water Level Float Switch Berbasis Mikrokontroler. Jurnal SISFOKOM, Volume 04, Nomor 01, Maret 2015,hal 22-27.
[3]. Abdul Fatah Maemunnur, Goib Wiranto, Waslaluddin Waslaluddin. Rancang Bangun Sistem Alat Ukur Turbidity Untuk Analisis Kualitas Air Berbasis Arduino Uno. Jurnal Online Fisika Fibusi Vol 4, No 1 (2016).
[4] Dina Mulya Siltri, Yohandri, Zulhendri Kamus. Pembuatan Alat Ukur Salinitas Dan Kekeruhan Air Menggunakan Sensor Elektroda Dan LDR. Jurnal Sainstek Vol. VII No.2: 126-139, Desember 2015
[5] Fauzi Amani, Kiki Prawiroredjo. Alat Ukur Kualitas Air Minum Dengan Parameter Ph, Suhu, Tingkat Kekeruhan, Dan Jumlah Padatan Terlarut. JETri, Volume 14, Nomor 1, Agustus 2016, Halaman 49 - 62, ISSN 1412-0372.
[6] Prerana ; Mangalpady R. Shenoy ; Bishnu P. Pal ; Banshi D. Gupta. Design, Analysis, and Realization of a Turbidity Sensor Based on Collection of Scattered Light by a Fiber-Optic Probe. IEEE Sensors Journal ( Volume: 12 , Issue: 1 , Jan. 2012 ) Page(s): 44 – 50
[7] YK Lu. Adaptive Fuzzy Integral Sliding Mode Regulator for Induction Motor Using Nonlinear Sliding Surface. IJPEDS International Journal of Power Electronics and Drive Systems. 2015; 5(4): 512-519.
Published
2017-07-01
Section
Electrical Engineering Articles