Perancangan Dan Realisasi Antena Mikrostrip Monopole Segiempat Pada Frekuensi 546 Mhz Untuk Aplikasi Dvb-T

  • aprinal adila asril politeknik Negeri Padang
  • Yustini yustini Politeknik Negeri Padang
  • Hadria Oktavia Politeknik Negeri Padang
Keywords: Antena mikrostrip, frekuensi resonansi, bandwitdh, VSWR, polaradiasi.

Abstract

Antena mikrostrip adalah suatu konduktor metal yang menempel diatas groundplane yang diantarannya terdapat bahan dielektrik. Antena mikrostrip terdiri atas 3 bagian utama yaitu patch, substrate dan groundplane. Antena mikrostrip yang dapat digunakan dalam konsep aplikasi DVB-T. Sistem DVB-T (Digital Video Broadcasting Terestrial), merupakan sistem penyiaran langsung dari pemancar bumi (terrestrial). Pada penelitian ini dibuat antena mikrostrip monopole untuk DVB-T dengan menggunakan PCB double layer dan software Zeland. Antena ini dirancang pada frekuensi 546 MHz. Bahan yang digunakan adalah PCB epoxy (FR4) double layer dengan ketebalan bahan 1.6 mm dan konstanta dielektrik sebesar 4.7 mm. Antena mikrostrip tersebut diuji untuk mendapatkan nilai frekuensi resonansi, bandwidth, VSWR, HPBW, Gain dan polaradiasi yang kemudian hasilnya dibandingkan dengan hasil simulasi menggunakan software Zeland Program Manager (IE3D). Pada hasil pengukuran antena diperoleh hasil untuk antena mikrostrip diantaranya nilai return loss = -25 dB pada frekuensi = 545 MHz, bandwidth = 140 MHz, dengan nilai VSWR = 1.48 dB, HPBW = 75o dan polaradiasi berbentuk Bidirectional.

References

[1] Alaydrus, Mudrik. 2011. Antena Prinsip & Aplikasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.
[2] Febrianto, Wahyu. 2012. “Perancangan dan Pembuatan Antena Mikrostrip Pada Frekuensi 2,9 – 3,1 GHz”. Penelitian. Padang : Politeknik Negeri Padang.
[3] Darmansyah, Rudi Putra. 2012. “Optimasi Antena Mikrostrip Patch Square Dengan Pencatuan Quarter- Wavelength Feed Pada Frekuensi 2.4 GHz Sebagai Penerima Sinyal Wireless Local Area Network (WLAN)”. Penelitian. Padang : Politeknik Negeri Padang.
[4] Yulindon. Firdaus. 2008. Teori Dan Perencanaan Antena. Politeknik Negeri Padang.
[5] Puteri, Noviani Desriza. 2012. “Perancangan Dan Pembuatan Antena Mikrostrip Stacking Untuk Radio Altimeter”. Penelitian. Padang : Politeknik Negeri Padang.
[6] Wicaksono, Hardian Cahya 2013. “Perancangan Dan Realisasi Antena Mikrostrip Log Periodik Pada Frekuensi 700 MHz untuk Aplikasi DVB-T
Published
2019-06-30
Section
Electrical Engineering Articles