Sistem Pemberian Pakan Ayam Otomatis Berbasis Loadcell

  • nasrul harun Politeknik Negeri Padang
Keywords: Arduino, Loadcell, motor power window, motor servo

Abstract

Proses pemberian pakan ayam saat ini masih menggunakan tenaga manusia. Pada umumnya, masyarakat menggunakan tangan untuk memberi pakan ayam maka membutuhkan waktu yang lama. Saat ini, pemberian pakan ayam secara manual kurang maksimal dikarenakan makanan ayam yang diberikan tidak merata. Untuk mengurangi dan meminimalisir hal tersebut, maka perlu dibuatnya pemberi pakan ayam otomatis berdasarkan berat dari wadah pakan, berat wadah pakan yang telah terisi dideteksi oleh sensor Loadcell, sehingga makanan ayam yang telah habis dari wadah pakan akan tetap terisi secara otomatis karna wadah pakan akan selalu terisi sesuai dengan kebutuhan makan ayam. Sensor Loadcell sebagai input yang mendeteksi berat dari wadah pakan ayam yang berkurang, sesuai dengan pengaturan Loadcell pada program. Relay pada alat ini berfungsi sebagai kendali motor power window. Motor power window pada alat ini berfungsi sebagai output penggerak wadah pakan ayam, apabila bebannya telah terisi berdasarkan pendeteksian oleh loadcell, motor power window pada alat ini bergerak secara CW (clock wise) dan motor servo bergerak secara CCW (counter clock wise). Bak pakan ayam bergerak secara otomatis secara CW dan CCW yang dikendalikan oleh motor power window dan motor servo, motor bekerja bedasarkan pendeteksian berat oleh sensor Loadcell.

References

J. O. Panekenan, J. C. Loing, B. Rorimpandey, and P. O. V. Waleleng, “Analisis Keuntungan Usaha Beternak Ayam Di kecematan Sonder Kabupaten Minahasa,” Ilmu Ilmu Peternak., vol. 32, no. 5, pp. 1–10, 2013.
[2] H. R. Tamba, E. Suprijatna, and U. Atmomarsono, “Pengaruh Frekuensi dan Periode Pemberian Pakan yang Berbeda terhadap Tingkah Laku Makan Burung Puyuh Petelur,” J. Sain Peternak. Indones., vol. 14, no. 1, pp. 28–37, 2019.
[3] E. J. Manurung, “Performa Ayam Broiler Pada Frekuensi Dan Waktu Pemberian Pakan Yang Berbeda,” pp. 1–43, 2011.
[4] B.A.B.II and T. Pustaka, “(Sumber : www.lapantech .com ‘ Load- 133’cell.2013),” pp. 4–28, 2013.
[5] Hestylesta, “Bab ii teori penunjang 2.1 umum,” pp. 6–26, 2009.
[6] M. A. Kurniawan, “Aplikasi Accelerometer pada Penstabil Monopod Menggunakan Motor Servo,” pp. 5–31, 2016.
Published
2019-12-05