Reconnecting Sambungan Rumah (Sr) Pada Gardu 079 Sovia Untuk Mengurangi Losses Di PT PLN (Persero) Rayon Bukittinggi (Menggunakan Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan)

  • Junaidi Asrul Politeknik Negeri Padang
  • Firmansyah firmansyah Politeknik Negeri Padang
Keywords: Reconnecting jaringan Tegangan Rendah, Compression Connector (CCO), Tap Connentor, Joint Sleeve Bimetal, Rugi jaringan (Rugi kWh Salur)

Abstract

Dengan melakukan reconnecting dapat mengatasi rugi-rugi energi. Pada titik sambungan percabangan disambungan rumah sampai ke kWh meter digantikan dengan compression Connector. Terminal pada kWh meter sering terjadi loss kontak. Dengan sering terjadinya loss kontak, maka terminal pada kWh meter digantikan dengan menggunakan joint sleeve bimetal. Besarnya rugi jaringan disebabkan oleh penggunaan tap connector pada titik sambungan dan terminal pada kWh meter pelanggan. Digardu 079 Sovia area kerja PT. PLN (Persero) rayon  Bukittinggi mengalami rugi kWh salur pada bulan desember 2013-januari 2014 sebesar 13 %. Setelah dilakukan reconnecting, rugi kWh salur menurun menjadi 4,48% pada bulan Mei 2014. Dengan menggunakan jaringan Syaraf Tiruan, dapat dilihat kinerja untuk rugi kWh salur setelah dilakukan reconnecting lebih baik.

References

[1]Agustin Maria. 2012. “Penggunaan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation untuk Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru pada Jurusan Teknik Komputer di Politeknik Negeri Sriwijaya”. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
[2] Direksi PT. PLN (Persero). 2010, Buku 2 Standar Konstruksi Sambungan Tenaga Listrik, Jakarta : PT. PLN (Persero).
[3] Direksi PT. PLN (Persero). 2010, Buku 3 Standar Konstruksi Jaringan Tegangan Rendah Tenaga Listrik, Jakarta : PT. PLN (Persero).
[4] PT.SinarindoWiranusaElektrik. 2008. Pole Hardware & Cable Accessories, (Online), (http://www.sinarindo.com/ccs.htm, diakses 27 agustus 2014).
[5] Siang, Jong Jek. 2009. Jaringan Syaraf Tiruan dan Pemrogramannya Menggunnakan Matlab. Yogyakarta: Andi.
Published
2014-06-15
Section
Electrical Engineering Articles