Alat Pendeteksi Kesegaran Daging Berdasarkan Sensor Bau dan Warna

  • Junaldi junaldi Politeknik Negeri Padang
  • Zulharbi zulharbi Politeknik Negeri Padang
  • Wiwin Lovita Politeknik Negeri Padang
Keywords: Kesegaran daging, sensor gas (TGS2602), sensor warna (TCS3200), microcontroller, LCD,Buzzer

Abstract

Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem yang dapat mengidentifikasi tingkat kesegaran daging secara cepat dan presisi. Sistem ini diimplementasikan ke dalam Arduino uno, ditampilkan melalui LCD dari hasil identifikasi serta menimbulkan bunyi dari buzzer sebagai penanda sensor teridentifikasi dengan menggunakan sensor bau dan sensor warna sebagai alat pendeteksi kesegaran yang menggantikan indera penciuman dan penglihatan pada manusia dalam menentukan tingkat kesegaran daging. Input yang digunakan adalah berupa nilai tegangan dari sensor bau yaitu sensor TGS2602 beserta nilai Red, Green dan Blue yang didapatkan dari sensor warna TCS3200. Terdapat 3 buah kondisi kesegaran daging yang diuji yaitu daging segar, daging setengah segar dan daging busuk. Penggunaan sensor bau dan sensor warna pada sistem telah berhasil mendapatkan error dan rata-rata yang khusus untuk setiap tingkat kesegaran daging yang diuji.  Dari hasil pengujian terhadap tiga buah sampel yang mewakili tingkat kesegaran daging. Tingkat kesegaran daging ditentukan melalui waktu penyimpanan daging diluar ruang pada suhu kamar. hasil rata-rata tegangan pada daging segar adalah < 1.586volt, daging setengah segar adalah > 1.586volt < 1.86volt dan daging busuk  < 2.50volt. Error terjadi pada identifikasi daging segar dan setengah segar yang mempunyai pola yang tidak terlalu berbeda,. Bagaimanapun daging ini tidaklah layak untuk dikomsumsi.

References

[1] Nadya Ayu Nafiasaridan Ariesta, Martiningtyas Handayani. Penganalisis Kesegaran Daging Sapi Dan Daging Babi Mentah Berdasarkan Klasifikasi Warna Dan Kelembaban. JURNAL TEKNOSAINS VOL 8, NO.1, Desember 2018; 66-76.
[2] Saleh Dwiyatno, Iksal, Sandi Nugraha. Alat Pendeteksi Kesegaran Ikan Menggunakan Metodek-Nearest Neighbor Berdasar Warna Mata Berbasis Atmega 328. Jurnal PROSISKO Vol. 5 No. 2 September 2018, hal: 127-135.
[3] Dimas Rizki Radityo; Muhammad Riyan Fadillah; Quincy Igwahyudi; Satrio Dewanto. Alat Penyortir Dan Pengecekan Kematangan Buah Menggunakan Sensor Warna. Jurnal Teknik Komputer Vol. 20 No.2 Agustus 2012: 88-92.
[4] Priyadi. Aplikasi Sensor Warna Jenis TCS230 Sebagai Alat Penentu Komposisi Warna Pada Cat Mobil. Jurnal Eltek Vol. 10 No. (2).
[5] Mandari, Y. dan Pangaribowo, T. (2016). “Rancang Bangun Sistem Robot Penyortir Benda Padat Berdasarkan Warna Berbasis Arduino”. Jurnal Teknologi Elektro Universitas Mercu Buana
Vol.7 no. (2).
Published
2019-06-30
Section
Electrical Engineering Articles